Friday, December 6, 2019

#MIMPI BESAR

Seberapa besar mimpimu? Kecil atau besar? Sangat kecil atau sangat besar? Atau biasa-biasa saja? Bila mimpimu kecil atau biasa-biasa saja maka hidupmu pun akan seperti itu. Tidak ada yang menantang bila mimpimu hanya seperti mimpi katak dalam tempurung. Mimpi harus besar dan harus membuatmu berada dalam kondisi tidak nyaman dan menuntut dirimu untuk tertantang menggapainya. Semakin tinggi mimpimu dan tujuan hidupmu maka pasti ada jalan untuk mencapainya. Untuk menggapai mimpi tersebut maka diperlukan langkah-langkah perencanaan sampai sedetail-detailnya. Tidak mengapa bila belum bisa menceritakan secara detail rencanamu tapi bila secara garis besar sudah bisa diungkapkan maka mimpi tersebut sudah makin mendekat. Jadi ngomong-ngomong apa mimpimu??
Bangsa Indonesia mempunyai mimpi besar yang termaktub dalam pembukaan UUD45 yakni menghapuskan penjajahan di atas dunia karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan; menjadi negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur; berkehidupan kebangsaan yang bebas; melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia; memajukan kesejahteraan umum; mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial dengan berdasar Pancasila.
Bukankah demikian besar mimpi kita semua?? Sudahkah mimpi tersebut kita semua wujudkan?? Kalau dilihat dari track recordnya maka tampaknya kita sudah menuju arah yang benar meskipun dalam perjalanannya ada koreksi di sana sini. Optimis merupakan salah satu sikap dan sifat leadership yang perlu kita tunjukkan.

No comments:

Post a Comment